Cara Cepat Belajar Bahasa Pemrograman

Posted: 2 Maret 2012 in Pemrograman

Cara yang paling cepat belajar bahasa pemrograman adalah dengan banyak latihan coding dengan bahasa pemrograman tersebut. Ibarat belajar sebuah bahasa, cara yang paling cepat tentu saja dengan mencoba setiap hari menggunakan bahasa tersebut. Sebagai mana yang sudah saya jelaskan pada artikel coding itu sulit, bahwa zaman sekarang bukan hal sulit untuk menemukan tutorial dan contoh kode program bahasa pemrograman apapun. Di internet kita bisa temukan jutaan situs yang memuat tutorial lengkap dengan contoh programnya.

Situs yang paling lengkap yang saya pernah temukan adalah java2s.com. Disana terdapat berbagai tutorial dan contoh program bahasa pemrograman dari java, php, dot.net, phyton, ruby dan lain-lain. Tidak akan habis artikel disana anda baca dalam sebulan. Anda dapat membaca dan download contoh program disana dengan gratis.

Sabar dan terus beralatih dengan contoh program. Pahami kemudian tiru dan modifikasi. Cobalah membuat program sederhana berdasarkan tutorial yang anda dapat. Jika terjadi kesalahan coba temukan salahnya dimana, jika sudah berusaha tapi belum menemukan kesalahnnya, baru bertanya pada orang yang sudah mahir.

Cari berbagai forum yang dapat menjadi media anda berbagi pengalaman dengan orang yang sama-sama sedang belajar program. Bergabung pada milist-milist pemrograman juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Selain bisa menambah teman juga bisa menjadi tempat bertanya jika menemukan masalah dalam belajar pemrograman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s