Analisa Sistem Kontrol

Posted: 5 Mei 2012 in Pengenalan Sistem Kontrol

“Plant” adalah seperangkat peralatan, mungkin hanya terdiri dari beberapa bagian mesin yang bekerja bersama-sama, yang digunakan untuk melakukan suatu operasi tertentu. Contoh tungku pemanas, reaktor kimia, dan pesawat terbang.

Proses adalah operasi atau perkembangan ilmiah yang berlangsung secara terus-menerus yang ditandai oleh suatu deretan perubahan kecil yang berurutan dengan cara relatif tetap dan menuju ke suatu hasil atau keadaan akhir tertentu. Sistem adalah kombinasi dari beberapa komponen yang bekerja bersama-sama dan melakukan suatu sasaran tertentu. Sistem tidak dibatasi hanya untuk sistem fisik saja namun konsep sistem dapat digunakan pada gejala yang abstrak dan dinamis seperti dalam ekonomi. Sistem harus diinterpretasikan untuk menyatakan sistem fisik, biologi, ekonomi dan sebagainya.

Gangguan adalah suatu sinyal yang cenderung mempunyai pengaruh yang merugikan pada harga keluaran sistem. Jika suatu gangguan dibangkitkan dalam sistem disebut gangguan internal, sedangkan gangguan eksternal dibangkitkan di luar sistem dan merupakan suatu masukan.

Kontrol umpan balik mengacu pada suatu operasi yang dengan adanya gangguan cenderung mengurangi perbedaan antara keluaran sistem dan acuan masukan. Gangguan yang dapat diperkirakan dapat dikompensasi dalam sistem umpan balik.

Sistem kontrol umpan balik mempertahankan hubungan yang ditentukan antara keluaran dan beberapa masukan acuan, dengan membandingkan masukan acuan dan keluaran dan menggunakan perbedaan sebagai alat kontrol. Sistem pengaturan otomatis adalah sistem kontrol umpan balik dengan masukan acuan atau keluaran yang dikehendaki dapat konstan atau berubah secara perlahan dengan berjalannya waktu dan memiliki tugas utama menjaga keluaran sebenarnya pada nilai yang dikehendaki.

Sistem kontrol loop tertutup disebut pula kontrol umpan balik dan istilah ini dapat dipertukarkan penggunaannya. Pada kontrol loop tertutup, sinyal kesalahan yang bekerja, yaitu perbedaan antara sinyal masukan dan sinyal umpan balik, digunakan untuk mengurangi kesalahan dan membawa keluaran sistem ke nilai yang dikehendaki. Istilah kontrol loop tertutup berarti penggunaan aksi kontrol umpan balik untuk mengurangi kesalahan sistem.

Sistem kontrol loop terbuka merupakan suaatu sistem yang keluarannya tidak mempunyai pengaruh terhadap aksi kontrol. Dengan perkataan lain sistem kontrol loop terbuka keluarannya tidak dapat digunakan sebagai perbandingan umpan balik dengan masukan. Sistem kontrol adaptif digunakan untuk mengatasi karakteristik dari sebagian besar sistem kontrol. Kinerja sistem dipengaruhi oleh kinerja komponen dengan pertambahan waktu atau perubahan parameter dari sekeliling. Walaupun pengaruh perubahan-perubahan kecil pada karakteristik dinamik diredam pada sistem kontrol umpan balik, jika perubahan parameter sistem dan sekeliling cukup besar maka suatu sistem yang baik harus mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan diri (adaptasi). Adaptasi berarti kemampuan untuk mengatur diri atau memodifikasi diri sesuai dengan perubahan pada kondisi sekeliling atau struktur yang tidak dapat diramal. Pada sistem kontrol adaptif, karakteristik dinamik harus diidentifikasi setiap saat sehingga parameter kontroler dapat diatur untuk menjaga performansi optimal.

Sistem kontrol dengan penalaran merupakan sistem kontrol loop terbuka yang menggunakan operator manusia untuk melakukan koreksi berdasarkan selisih atau kesalahan yang diperoleh. Penggunaan operator manusia telah merupakan sistem kontrol loop terbuka menjadi sistem kontrol loop tertutup dimana operator manusia sebagai umpan baliknya. Jika dilakukan analisa sistem kontrol loop tertutup yang melibatkan operator manusia, maka dijumpai persoalan dalam menuliskan persamaan yang menggambarkan perilaku manusia. Salah satu faktor yang kompleks adalah kemampuan penalaran dari operator manusia. Apabila operator mempunyai banyak pengalaman, maka operator menjadi kontroler yang baik.

 

Copied From : kristiyonost.wordpress.com/2011/04/15/pengantar-analisa-sistem-kontrol/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s