Dasar Sistem Komputer

Posted: 2 Mei 2013 in Pengantar Teknologi Informatika

Presentasi Kelompok 2

PTI Klmpk 2 Dasar Sistem Komputer @Stefanikha69
Sejak pertama kali komputer diciptakan, komputer bekerja atas dasar sistem biner. Sistem biner adalah sistem bilangan yang hanya mengenal dua macam angka yang disebut dengan istilah bit (binary digit) yaitu 0 dan 1. Hanya dengan bermodalkan dua angka inilah komputer dapat menyajikan informasi yang sangat berguna bagi manusia. Bit – bit dapat digunakan untuk menyusun karakter apa saja. Istilah karakter dalam dunia komputer berarti :
a.Huruf
b.Digit
c.Selain huruf atau digit, yaitu tanda ‘+’ serta ‘&’ bahkan simbol seperti ‘a (alpha)’ Sebuah karakter dinyatakan dengan 8 bit ataupun 16 bit. Kemungkinan nilai pada sebuah sistem biner yang berupa 0 dan atau 1 disesuaikan dalam sistem komputer dengan metode saklar yang hanya mengenal keadaan hidup (1) dan atau mati (0).

Bit merupakan satuan data terkecil dalam sistem komputer. Selain satuan ini ada- pun berbagai satuan lain diantaranya byte, megabyte, gigabyte, terabyte, & peta- byte. Selain istilah byte, terkadang dijumpai juga istilah yang menggunakan bit seperti megabit. Penggunaan bit biasanya dikaitkan dengan “per detik” Mis. 10 megabit per detik (Mbps). 1 Megabit = 1.000.000 bit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s