Asal Mula lagu “Malam Kudus”

Posted: 6 Desember 2013 in Gereja - Kekristenan - Iman

Pada tanggal 23 Desember 1818, saat Natal hampir tiba, Pastor Mohr mengunjungi seorang ibu dengan bayinya Ɣƍ baru lahir. Dalam perjalanan pulang, Ia berhenti di tepi sungai dan merenungkan peristiwa Natal Ɣƍ pertama. Ia menulis sebuah puisi Ɣƍ menggambarkan peristiwa Natal pertama dan memberinya judul “Stille Nacht, beilige Nacht”, “Malam Sunyi, Malam Kudus”. Dalam komposisinya, ia berhasil menangkap misteri inkarnasi dan kelahiran Kristus Ɣƍ tak dapat dilukiskan dengan kata-kata.

Sekembalinya di paroki, ia kecewa karena organ di gereja rusak, digerogoti tikus-tikus, sehingga tidak bisa berbunyi. Karena Natal sudah diambang pintu dan tanpa dana Ɣƍ cukup untuk memperbaiki organ, jemaat khawatir ibadah Natal tengah malam tak akan meriah. Mohr bergegas menuju ƦǛ♍ªЋ sahabatnya, Franz Gruber, dan menceritakan kesedihannya. Ia menyerahkan puisinya kepada Gruber dan memintanya untuk menuliskan melodinya agar dapat dimainkan dengan gitar. Franz Gruber menyelesaikan tugas pada waktunya. Dalam Misa Natal tengah malam pada tahun 1818, dunia mendengarkan untuk pertama kalinya lagu Ɣƍ sederhana namun agung, Ɣƍ kita kenal sebagai lagu “Malam Kudus”.

Lagu Malam Kudus mendapat sambutan Ɣƍ sangat baik dan dengan cepat menyebar ke seluruh Austria, seringkali secara gamblang disebut sebagai “A Tyrolean Carol”. Terjemahan lagu Malam Kudus dalam bahasa Inggris dilakukan oleh Jane Campbell pada tahun 1863 dan dibawa ke Amerika pada tahun 1871, muncul dalam buku nyanyian sekolah minggu Charles Hutchins.

-Dari berbagai sumber-

Dikirim dari WordPress untuk BlackBerry.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s